10 Langkah mudah membuat bunga dari kertas bekas

Oktober 18, 2020
Sahabat kreasi, mungkin bagi sebagian kreator kerajinan tangan yang sudah profesional membuat karya kerajinan bunga dari kertas itu menjadi sebuah hal yang sepele untuk mereka lakukan.

Akan tetapi bagi pemula yang baru terjun di dunia kreasi kerajinan, hal itu menjadi suatu tindakan yang teramat sulit untuk mereka kerjakan.

Karena sebagai seorang pemula pasti akan kebingungan untuk memulai langkah-langkah awal dalam membuat keterampilan karya bunga dari kertas tersebut.

Maka bukan hal asing lagi bagi mereka jika mencari makalah tutorial kerajinan tentang bagaimana cara membuat dari kertas yang mudah dan lengkap.

Oleh karena itu, di artikel ini saya akan mencoba memberikan tutorial singkat tentang cara bikin bunga dari kertas yang mudah dan sederhana dengan hasil karya bunga yang cantik dan menarik.

Harapan saya tutorial ini semoga bisa menjadi referensi dan jawaban untuk anda yang masih kebingungan tentang tata cara proses pembuatan bunga dari bahan kertas.

Untuk kreasi bunga dari kertas ini saya menggunakan bahan dasar kertas karton bekas dari sisa-sisa yang tak terpakai. Bagi kalian yang tidak memiliki jenis dari kertas ini, kalian bisa menggunakan bahan kertas lain, semisal dengan bahan kertas origami, kertas lipat, kertas kado, hvs, koran, krep, kertas minyak atau jenis lainnya.

Dan untuk karya kerajinan bunga dari kertas juga sangat bermacam jenisnya, seperti contoh karya bunga mawar, melati, dahlia dll.

Namun untuk kreasi bunga dari kertas yang aku bikin saat ini yaitu jenis bunga tulip yang cantik dan menarik.

Sebelumnya saya ucapkan selamat datang di blog handycrafted.net disini anda akan mendapatkan berbagai macam informasi seputar kreasi kerajinan tangan yang unik dan menarik serta inovatif dari bahan dasar bekas yang sudah tidak terpakai (limbah).

Cara membuat bunga dari kertas

Untuk anda yang tertarik dengan tutorilnya silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Tutorial lengkap cara membuat bunga dari kertas bekas beserta dengan gambarnya.

Alat dan bahan yang di butuhkan :

1. Kertas bekas
2. Gunting
3. Lem kanji (tapioka)

alat dan bahan untuk kreasi bikin bunga dari kertas


Langkah-langkah cara membuatnya beserta dengan gambar:

KETERANGAN !!! : Untuk tanda panah merah adalah petunjuk kertas utama pada bagian bawah sebagai patokan utama.

1. Siapkan 1 lembar kertas lalu tekuk membentuk segitiga siku dan gunting bagian bawahnya.



2. Sisihkan bagian bawah (persegi panjang) lalu bersiap untuk membuat bagian mahkota bunganya, dengan kertas bentuk segitiga siku tersebut.


3. Tekuk bagian ujung lancip bawah ke ujung lancip atas (tanda panah putih).



4. Buka kertas dan terlihat bentuk garis menyilang.


5. Buat suatu bentuk tekukan segitiga terbalik (lancip di bawah) dengan menjepit bagian ujung kertas kanan dan kiri (depan dan belakang) dengan jemari.

cara membuat bunga dari kertas buku bekas

6. Jika sudah, lalu lanjutkan dengan menekuk ke bawah bagian sisi kertas kanan dan kiri. (Lakukan pada sisi baliknya). Dan balik bagian atas ke bawah (jungkir).


7. Balik kertas yang berbentuk segiempat tersebut lalu lipat sisi kanan kertas ke sisi kiri.



8. Akan terbentuk sebuah bentuk segiempat lalu tekuk ke atas bagian kertas kanan dan kiri. Buat selipan di antara kedua tekukan tersebut agar menyatu. (Lalu lakukan pada sisi baliknya juga).



9. Lihat bagian bawah ada sebuah lubang kecil, anda tiup lalu akan terbentuk sebuah gelembung volum pada kertas tersebut yang menjadi sebuah bentuk mahkota kuncup. Tarik semua bagian mahkota ke bawah dan terbentuklah mahkota bunga mekar.


10. Buat batang dan daun dari sisa kertas potongan awal (segiempat) yang di gulung ke bawah dan di sisakan ujung bawahnya untuk di lem dan di gunting menyerupai bentuk daun lancip.





bunga tulip dari kertas

Demikian tutorial membuat bunga hias dari kertas bekas buku yang sudah tidak terpakai, ternyata masih bisa di jadikan sebuah bentuk karya yang indah bukan ?.

Berkreasi dengan mendaur ulang limbah yang ada di sekitar kita, bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dilakukan.

Ini saya lakukan tanpa sengaja ketika saya sedang asyik merapikan rak buku, saya melihat buku yang sudah penuh dengan tulisan yang sudah tidak ada bagian dari buku yang kosong, saya hanya iseng saja membuat kreasi bunga mengingat karya ini pernah saya buat ketika saya sekolah dahulu.

Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi bagi anda semuanya ya ? Selamat mencoba dan terimakasih.

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon