Dompet Dari Kerajinan Barang Bekas Plastik (Deterjen)

November 07, 2020

 Tutorial Cara Membuat Dompet Dari Barang Bekas (Bungkus Deterjen). Limbah plastik khususnya bungkus deterjen sering sekali kita jumpai, terutama dalam lingkungan rumah tangga, sampah jenis ini termasuk jenis sampah yang lama terurai serta tidak dapat di jual. Tetapi di tangan yang terampil dan kreatif limbah ini dapat menjadi sebuah karya yang bermanfaat. 

Untuk kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat dompet yang cantik dan menarik dari bahan bekas plastik bungkus deterjen, yang dapat anda kenakan pada acara resmi maupun non resmi.
Dompet dari bungkus deterjen


Cara Membuat Dompet Dari Bungkus Deterjen

Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang digunakan antara lain sebagai berikut :

1. Bungkus deterjen bubuk merk rinso ( )
2. Gunting
3. Benang dan jarum
4. Furing
5. Kawat
6. Mutiara

Langkah-langkah : 


1. Siapkan dahulu bungkus deterjen dengan ukuran lebar 5 cm, lalu lipat ke dalam ( lipat bagian dalam bagian kiri 2,5 cm dan kiri 1 cm ) setelah itu tekuk ke dalam dan buat lipatan dengan lebar 3 cm. ( Buat 56 lipatan )

2. Lakukan proses anyaman zig-zag full jahit dengan jumlah 20 lipatan atau 10 ujung zig-zag. Setelah itu satukan dan buat menjadi ring / lingkaran. ( Buat 2 ring )

3. Buat anyaman zig-zag datar jumlah susunan 8 lipatan atau 4 ujung zig-zag. ( Buat 2 )


4. Buat anyaman tunggal ( buat 3 )

5. Jahit semua bagian anyaman zig-zag (2) dan (3)

6. Setelah itu jahit bagian bawah dengan menyisipkan anyaman tunggal (4)


7. Pasang furing, lalu jahit dengan rapi.

8. Jahit hiasan dompet di sisi depan dan belakang.

9. Buat handle dengan menyiapkan kawat, lalu buat tekukkan ujung awal dan sisipkan mutiara satu persatu sampai mencapai jumlah 31 lalu tekuk ujung kawat akhir. (Buat 2 )


10. Pasang handle dengan cara di hahit secara rapi. Lakukan pada sisi depan dan belakang. Dompet cantik siap anda kenakan.

Tips : 

1. Jika ingin belajar menjahit anyaman anda bisa mempelajari lebih lanjut di tutorial membuat dompet genggam dari bungkus kopi.

2. Jahit menggunakan benang jahit biasa, dan jangan di tarik terlalu kencang karena jenis plastik bungkus deterjen ini cukup tipis.

3. Sesuaikan furing dengan warna bungkus deterjen agar semakin cantik.

4. Pasang handle baiknya ketika sedang membuat furing sehingga kualitas produk lebih bagus dan kencang. Anda bisa mempelajari di tutorial membuat furing.

Demikian tutorial membuat Dompet cantik dari bungkus deterjen semoga bermanfaat dan menginspirasi. Jika kurang paham silahkan pelajari versi video cara membuat dompet dari bungkus deterjen. Selamat mencoba.

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon